Keindahan Jembatan Gantung Soka Bantul

Pada Selasa 28 November tahun 2017 lalu, Jembatan Gantung Soka yang berada di daerah Nambangan, Seloharjo, Pundong, Bantul ini memang telah ambruk diterjang oleh derasnya arus Sungai Opak. Meskipun kejadiannya sudah berselang beberapa bulan lalu, namun sayangnya pemerintah setempat belum juga bertindak untuk memperbaikinya. Padahal keberadaan dari jembatan gantung ini sudah cukup populer dan sering dijadikan sebagai tempat wisata oleh warga sekitar.

Keindahan Jembatan Gantung Soka Bantul, Salah Satu Tempat Wisata Alam di Jogja

Tak bisa dipungkiri, Jembatan Gantung Soka memang merupakan salah satu obyek wisata alam di Jogja yang memiliki panorama alam yang cukup indah dan menyejukkan mata. Dengan latar belakang pegunungan landai disertai matahari tenggelam, orang-orang bisa melepas lelah dengan berjalan-jalan sambil melihat pemandangan bersama keluarga maupun orang-orang terdekat.

Selain itu, sebelum diterjang oleh derasnya arus Sungai Opak, Jembatan Gantung Soka juga telah diresmikan sebagai destinasi wisata selfie. Sehingga tak heran bila musim liburan tiba, kawasan ini akan dipadati oleh para wisatawan yang ingin berekreasi sekaligus hunting foto-foto cantik. Warga setempat yang berjualan di sekitar lokasi pun sangat senang akan kehadiran para wisatawan, karena berkat keberadaan mereka, perekonomian penduduk setempat juga ikut mengalami peningkatan.

Jembatan Gantung Soka sendiri merupakan jembatan yang menghubungkan 2 desa di daerah Kabupaten Bantul, yakni Desa Srihardono yang berada di sebelah utara sementara Desa Seloharjo terletak di sisi sebaliknya. Jika anda melintasi jembatan ini dari arah utara (melalui Desa Srihardono) anda juga bisa melanjutkan perjalanan ke arah Jalan Siluk Parangtritis. Sedangkan jika berbelok ke arah kiri, maka anda akan pergi ke kawasan Siluk, Imogiri, ataupun menuju ke salah satu destinasi wisata lain, yakni Goa Cerme Imogiri.

Meskipun memiliki lebar yang cukup sempit, namun keberadaan dari Jembatan Gantung Soka ini sangat berarti bagi penduduk setempat. Karena melalui jembatan ini warga dari Dusun Soka, Desa Seloharjo dapat menyingkat waktu perjalanan bila ingin pergi ke arah Kota Jogja. Sayangnya, karena belum kunjung diperbaiki, Jembatan Gantung Soka kini hanya tinggal kenangan saja.